Saturday, July 6, 2013

ROADSHOW "FESTIVAL SERAYU BANJARNEGARA" DI TVRI SEMARANG

       Hari Selasa, 25 Juni 2013 yang lalu, di TVRI di adakan roadshow dalam rangka mempromosikan kegiatan FESTIVAL SERAYU BANJARNEGARA. Festival yang baru pertama kali akan diadakan di Kabupaten Banjarnegara ini akan diselenggarakan pada tanggal 24 - 31 Agustus 2013. Roadshow diikuti oleh seluruh Kepala SKPD di Kabupaten Banjarnegara dan sebagai narasumber adalah Wakil Bupati Banjarnegara, Bapak Hadi Supeno dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Bapak Azis. Acara ini disiarkan secara langsung dari pukul 18.15 - 19.00 wib.
        Kegiatan Festival Serayu Banjarnegara atau yang sering disingkat FSB ini, diadakan dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Banjarnegara yang jatuh setiap tanggal 22 Agustus. 
Gb. Roadshow FSB di TVRI Semarang
    Berbagai kegiatan telah disiapkan untuk mengisi acara ini. Ada parade budaya yang akan menampilkan budaya dan kesenian - kesenian khas Banjarnegara yang saat ini nyaris sulit dijumpai lagi. Dan untuk ini, telah disiapkan kelompok - kelompok kesenian yang sudah mulai dibina. Ada Gelar Seni yang akan diadakan sepanjang waktu di beberapa tempat, seperti pertunjukkan musik, film indi, kesenian kontemporer, wayang kulit, dari pagi hingga malam hari. Ada juga ekspo produk - produk Banjarnegara dan hasil - hasil pembangunan di Kabupaten Banjarnegara. 
      Sebagai puncak kegiatan adalah acara PARAK IWAK. Acara ini merupakan penyebaran benih ikan yang diambil dari 7 (tujuh) telaga di Dieng dan disebarkan di Sungai Serayu. Benih ikan dibawa dari Dieng dengan iring - iringan kesenian. Kemudian benih diinapkan semalam di Kecamatan Madukara sebelum esoknya disebarkan di Sungai Serayu. Kemudian dilanjutkan dengan pencarian ikan oleh masyarakan yang datang dengan menangkapnya menggunakan tangan kosong (parak). Beberapa ikan telah dipasang tanda khusus untuk mendapatkan hadiah bagi yang berhasil menangkapnya. Kegiatan parak iwak ditutup dengan do'a dan makan bersama dari tenong yang dibawa oleh peserta. disediakan sekitar 7.700 tenong yang masing - masing berisi 10 (sepuluh) takir (nasi rames yang diwadahi daun pisang) untuk makan bersama pengunjung dan seluruh masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut.
     Kegiatan FSB akan ditutup dengan acara BANJARNEGARA BERSHALAWAT, yang diharapkan akan dihadiri oleh sebanyak - banyaknya masyarakat dan dipusatkan di alun - alu. Acara ini sebagai permohonan dan do'a agar Kabupaten Banjarnegara senantiasa dilindungi oleh Allah SWT dan dapat mencapai apa yang dicita - citakan yaitu masyarakat sejahtera, berdaya saing dan berakhlak mulia.
         Mari kita sukseskan FESTIVAL SERAYU BANJARNEGARA!!!

No comments:

Post a Comment