Friday, June 21, 2013

LADA PERDU DALAM POT

       Semua ibu rumah tangga pasti tahu lada. Tapi mungkin tidak semua tahu tentang tanaman lada. Kalaupun tahu, mungkin yang diketahuinya adalah tanaman lada yang memanjat di pohon inang. Sehingga, ketika aku mengajak beberapa ibu untuk menanam lada, sontak mereka menolak karena membayangkan rumah yang akan gelap dan rimbun karena harus ada pohon yang akan dirambati si lada. Tapi, setelah melihat lada perdu yang kutanam dalam pot, maka menanam lada bukanlah menjadi hal yang sulit. Tanaman lada yang ditanam dalam pot ini sekaligus juga berfungsi sebagai tanaman hias. Tanaman hias yang lebih bermanfaat tentunya selain karena keindahannya.
Gb. Lada Perdu Mulai Berbunga Enam Bulan Setelah Tanam
      Menanam dan memelihara lada perdu tidaklah sulit. Kali ini aku mau berbagi pengalaman bertanam lada perdu dalam pot. Tapi sekali lagi, ini murni pengalamanku saja yang tidak memiliki ilmu di bidang pertanian. Sudah sekitar sepuluh tahun aku menanam lada perdu di dalam pot. Sempat juga kutanam di tanah, tapi akhirnya kembali kutanam di pot karena lebih praktis bila akan memindah - mindahkan serta keterbatasan lahan.

Gb. Letakkan di Tempat Yang Terkena Sinar Matahari
        Pertama - tama kita siapkan bibitnya. Bibit lada disiapkan dari indukan sehat dengan cara merunduk. Batang primer indukan dirundukkan ke tanah dan ditimbun dengan tanah pada ruasnya.  Pilih batang primer yang memiliki beberapa batang sekunder, sehingga ketika siap tanam bibit sudah memiliki cabang. Setelah beberapa minggu, akan muncul akar dari ruas yang tertutup tanah tersebut. Setelah cukup kuat dengan akar yang cukup banyak, maka potong batang di bawah akar dan biarkan tanaman hidup "mandiri" selama dua atau tiga minggu. Tanaman siap dipindahkan.
         Siapkan media tanam yang gembur dan porous. Aku biasa menggunakan campuran kompos, tanah kebun dan sekam bakar dengan perbandingan 2 : 1 : 2. Sekam bakar suka kupakai karena akan memberikan porousitas yang cukup dan juga meringankan media. Sehingga mudah dipindah - pindahkan. 
          Siapkan pot atau tempat menanam yang cukup besarnya. Letakkan pecahan bata atau genting pada sepertiga bagian pot, lalu isi dengan media hingga setengahnya. Tanam bibit lada dan timbun dengan media sampai hampir penuh. Siram dengan air sampai seluruh media basah. Letakkan di tempat teduh selama beberapa minggu (sekitar dua minggu) sebelum diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari. Pohon lada menyukai intensitas cahaya matahari penuh.
             
Gb. Berbuah Sepanjang Tahun
Siram tanaman setiap hari. Pastikan medianya selalu gembur dan basah tapi tidak tergenang. Air yang tergenang menyebabkan akarnya membusuk atau tanaman terkena jamur. Beberapa hama yang sering dijumpai adalah kutu. Ada yang berwarna hitam, kuning atau hijau. Ada yang menyerang batang atau buah. Tidak usah disemprot dengan pestisida, bersihkan saja secara mekanik. Lain halnya kalau skalanya besar untuk industri. Ini kan hanya untuk konsumsi sendiri dalam jumlah kecil. 
            Pohon lada akan mulai berbunga sekitar enam bulan setelah tanam. Satu tahun kemudian, buahnya siap dipanen. Buah yang siap dipanen berwarna kuning atau kemerahan. Panen lada dengan cara memetik tandan buah yang tangkainya ada di ketiak daun pada ruas cabang. 
            Pohon lada yang sehat akan berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Perawatan yang penting lainnya adalah pemupukan dan repotting (memindahkan ke pot yang lebih besar) bila pohon makin rimbun. Mengganti media agar selalu gembur dan subur. 
Gb. Buah Yang Matang. Eh...ada yang busuk! :p
           Setelah dipanen, lada diolah sampai siap untuk dijadikan bumbu. Bisa dibuat lada putih atau lada hitam dan siap menyedapkan masakan kita. Hanya dengan memiliki sepuluh pot saja, sepanjang tahun tak perlu beli lada. Tertarik? Kenapa tidak mencoba?

12 comments:

  1. bu kalo mau cari bibitnya lada perdu dimana? berapa harganya? sy tinggal di jakarta. bisa di imel ke ekowason@yahoo.com ? tk. eko

    ReplyDelete
  2. Buk mohon info alamatnya di jkt di mana? Berapa harga per batang.kirim email ke rahmatsejahtera57@yahoo.com

    ReplyDelete
  3. saya punya bibitnya pak, 50rb per pohon. bisa dikirim ke mana saja. hub : payza791@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Ini Link penjual Bibitnya

    https://www.facebook.com/GaharuPolman

    081998420528

    ReplyDelete
  5. Saya mau pesan bibit lada. Dan bs dapat bibit lada perduli yg unggul?

    ReplyDelete
  6. Kami menyediakan bibit lada perdu 10 rb/polybag

    ReplyDelete
  7. @marsudi didi : boleh juga tuh, bisa dikirim ke pangkalpinang bangka gak pak...bls ke email sy emyouboyek85@gmail.com

    ReplyDelete
  8. beda lada perdu dengan lada yang biasa di tanam di bangka apa ya bu? Terima kasih atas jawabannya

    ReplyDelete
  9. Ide bagus, sejukkan halaman rumah kita dengan tanaman lada perdu dalam pot,
    Banyak manfaatnya.

    Kunjungi juga kami di:
    pesonaalbasiajember.blogspot.com

    Tentang:
    Jual bibit sengon solomon jaguar siap tanam.

    Mungkin lada perdu bisa di tanam tumpangsari dengan sengon solomon jaguar di lahan perkebunan anda.

    Semoga bemanfaat.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. mau dong bu, beli bibit lada perdu nya, hubungi saya di email imamsubagio71@gmail.com

    ReplyDelete