Friday, June 21, 2013

MENANAM PANDAN DALAM POT UNTUK PERSIAPAN BULAN PUASA

       Alkhamdulillah. Tidak terasa satu tahun berlalu sejak puasa lalu dan bulan puasa akan segera tiba. Insya Allah kita diberi kesempatan untuk kembali menyambut dan mengisi hari - hari di bulan puasa mendatang dengan makin baik. Aamiin.
Gb. Tanaman Pandan Tua Calon Indukan
       Hal penting yang harus disiapkan menyambut Ramadhan adalah fisik dan mental, jasmani dan rohani. Berbagai upaya dan cara yang harus dilakukan untuk persiapan fisik dan mental ini telah banyak dikupas oleh ulama - ulama maupun para pakar ilmu kesehatan dan akan makin banyak lagi menjelang bulan puasa tiba yang Insya Allah akan jatuh pada tanggal 8 Juli 2013. 
        Makanya, untuk kali ini kita tidak akan membahas persiapan fisik dan mental itu. Sebagai ibu rumah tangga biasa, hal yang harus juga dipikirkan adalah menyiapkan menu berbuka yang istimewa tanpa harus berlebihan yang bisa diterima seluruh anggota keluarga. Biasanya adalah berbagai hidangan manis yang menggugah selera, seperti kolak, aneka bubur dan makanan manis lainnya.
          Satu tanaman yang akan menjadi favorit para ibu saat Ramadhan nanti adalah PANDAN. Yup! Pandan sebagai tanaman beraroma dan juga pewarna yang bisa membuat hidangan berbuka puasa kita makin menggugah selera. so, gak ada salahnya kalau kita siapkan tanaman ini jauh - jauh hari, sehingga bila waktunya tiba, kita tidak kelabakan karena ternyata tanaman ini menjadi tanaman langka. 
         
Gb. Anakan Pandan Siap Ditanam
Tapi, yang akan disajikan ini adalah murni pengalamanku senagai ibu rumah tangga yang tidak memiliki dasar ilmu bercocok tanam sama sekali. Benar - benar murni hanya pengalaman saja dari tahun ke tahun. Okey! Kita mulai saja ya...
Idealnya, tanaman ini dipersiapkan tiga bulan sebelumnya. Tapi, sebulan dua bulan okeylah! Bismillah...
          Pertama - tama kita pilih tanaman pandan tua yang akan kita jadikan indukan ya? Pilih yang sehat dan banyak anaknya. Biasanya daunnya mulai mengecil karena terlalu sarat dengan anakan. Lalu pilih anak - anakan tanaman pandan yang sehat dan akan kita tanam ke dalam pot atau tanah. Untuk lahan yang terbatas, sebaiknya memakai pot saja. Pisahkan anakan pandan dari induknya, dan ambil yang akarnya banyak dan terlihat sehat.
Gb. Pot dan Campuran Media Tanam
            Siapkan pot dan media tanam. Tidak harus pot baru. Wadah apapun bisa dijadikan pot. Ember, kaleng bekas, panci bekas atau apa saja yang bisa difungsikan sebagai tempat menanam. Media yang biasa kupakai adalah campuran kompos, tanah kebun dan sekam bakar dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Isi sepertiga bagian pot dengan pecahan bata atau genting, lalu masukkan media tanam sampai setengahnya.
           Tanam anakan pandan dan timbun lagi dengan media sampai hampir penuh. Siram media sampai seluruhnya basah. Hal ini bisa dilihat dari air yang mengalir dari lubang di bagian bawah pot. 
              Letakkan pot yang berisi tanaman baru di tempat yang teduh. Siram setiap hari. Tanaman pandan menyukai tempat yang banyak air dan agak lembab. Jangan lupa dipupuk ya? Dan, karena akan digunakan untuk keluarga tercinta, pakai pupuk organik saja. Aku biasa menggunakan Bioboost dari K-link. (oops! iklan! he he he...). 
             
Gb. Siram dan Letakkan di Tempat Teduh
            Gak usah pakai disemprot - semprot insektisida. Tanaman pandan relatif gak ada hama. Paling gundul karena banyak tetangga atau saudara yang minta. Karena itu, siapkan saja sekalian beberapa pot. Makin banyak makin afdol deh! Kalau ada yang minta, kasih saja sekalian sama potnya. Yang ikhlas ya, sambil diniatkan sedekah. Wkwkwkwkwk.... Satu pot cukuplah untuk satu bulan dengan pemakaian normal. Pasti deh, akan membuat yang diberi tersenyum gembira. (siapa bilang sedekah harus menunggu kaya?)


Gb. Pandan Gemuk Tiga Bulan Setelah Tanam
                 




       Dengan penyiraman dan pemupukan teratur, juga hindarkan dari bekicot (hama paling sering dijumpai), dalam dua atau tiga bulan, pandan sudah gemuk dan siap dieksekusi, eh.. dijadikan bagian penyedap masakan untuk berbuka kita. Kalau ingin daun yang besar - besar, tiap ada anakan yang muncul sebaiknya dibuang saja. Tanaman pandan dalam pot ini bisa bertahan satu hingga dua tahun sebelum akhirnya harus diremajakan kembali. 
Bayangkan kolak tanpa pandan. Tetap enak sih, tapi kurang sip!
Jadi, tunggu apa lagi, ayo siapkan sekarang juga. Selamat mencoba!
          

2 comments:

  1. Wah kebetulan ketemu postingan ini. Lg berencana nanem pandan nih. Hehe... masalahnya, kalo ditinggal mudik sekitar semingguan gimana ya...

    ReplyDelete
  2. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    ReplyDelete